Mengenal OpenStack Object Storage (Swift)

Hasil gambar untuk openstack swiftOpenStack Object Storage atau juga dikenal dengan Swift adalah salah satu layanan pada openstack dengan tingkat skalabilitas dan tingkat redundansi penyimpanan yang sangat tinggi pada komuditas perangkat keras. Dengan openstack object storage, pengguna dapat menyimpan banyak object dengan ukuran yang tak terhingga sebagaimana yang dibatasi oleh kapasitas pada media penyimpanan. Untuk mengakomodasi banyaknya objek yang disimpan administrator juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan sesuai dengan yang diinginkan tanpa adanya batasan. Tingkat redundansi yang tinggi dari openstack obejct storage cocok untuk kepentingan pengarsipan data seperti data-data log dan juga untuk menyimpan template virtual mechine yang digunakan oleh openstack compute.

Swift bukan sebuah filesystem tradisional atau sebuah raw block device. Melainkan, sebuah penyimpanan berbasis objek yang memperkenankan untuk menyimpan, mengambil, dan menhapus objek beserta metadatanya yang terdapat pada container (sama dengan istilah “buckets” pada Amazon S3) melalui RESTful HTTP API. Pengembang dapat membuat software dengan menggunakan API Swift atau menggunakan library yang telah banyak tersedia untuk bahasa pemerograman yang populer seperti Java, Python, Ruby, dan C#.” – Joe Arnold

Swift dapat digunakan dalam berbagai macam kebutuhan, termasuk dapat digunakan untuk aplikasi mobile atau web, backup, dan pengarsipan. Sistem peyimpanan yang disediakan oleh swift dapat diakses melalui protokol HTTP, aplikasi berbasis text (cli), antarmuka filesystem, atau juga dapat digunakan dengan mudah oleh aplikasi untuk melakukan penyimpanan dan singkronisasi data dengan desktops-nya, tablet, dan perangkat mobile.

Swift merupakan sebuah sistem penyimpanan yang berbasis objek, hal ini tentunya berbeda dengan media peyimpanan dengan sistem SAN yang berbasis “block” dan NAS yang berbais “file”. Namun dengan sistem penyimpanan berbasis objek inilah yang menjadikan swift memiliki tingkat ketersediaan data, redundansi, troughput, dan kapasitas yang tinggi. Tingkat penulisan data dalam jumlah yang besar dan bersamaan dapat terjadi dengan cepat, begitu juga dengan tingkat pembacaannya. Hal ini menunjukkan bahwa swift dapat digunakan untuk membangun media penyimpanan terpusat dengan tingkat lalu lintas data yang sangat tinggi dan banyaknya jumlah koneksi yang terjadi secara bersamaan. Semenjak dirilis, swift mencapai ratusan kontributor yang menjadikannya lebih stabil, lebih cepat, dan banyak tambahan fitur baru.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s